resep masakan indonesia, aneka cara membuat makanan kue cake kering mudah

Post Top Ad

Post Top Ad

Sunday, June 12, 2016

Resep Cendol Tepung Beras

Resep Cendol Bandung Tepung Beras, Cara Membuat Cendol Tepung Beras
Es Cendol Bandung

Baha

  • 100 gr tepung beras
  • 3 sdm tepung hunkwe / bisa tepung sagu
  • 1 sdm pasta pandan
  • 1 sdm air kapur sirih
  • 1/4 sdt garam
  • 10 lbr daun pandan, potong pendek
  • 800 ml air atau secukupnya
  • air es secukupnya

Bahan Sirup Gula

  1. 350 gr gula merah / gula jawa
  2. 3 sdm gula pasir
  3. 5 bh daging buah nangka
  4. 3 lbr daun pandan, ikatkan
  5. 400 ml air

Bahan Saus Santan

  1. 400 ml santan
  2. 1/2 sdt garam

Cara Membuat Cendol Tepung Beras

  1. Sebagai langkah pertama, kita buat sari pandannya terlebih dahulu. Blender daun pandan bersama dengan 800 ml air hingga lumat. Saring sisa daun pandan dan ambil sarinya saja.
  2. Siapkan wajan, tuangkan sari pandan kedalam wajan bersama dengan tepung beras, tepung sagu, pasta pandan, air kapur sirih dan sedikit garam. Aduk rata.
  3. Panaskan adonan tepung tersebut diatas api sedang hingga mendidih sambil terus diaduk. Aduk terus menerus agar tidak ada gumpalan adonan tepung mentah. Masak adonan cendol hingga matang sempurna sambil terus diaduk.
  4. Setelah adonan cendol matang, saatnya mencetak. Gunakan cetakan khusus cendol. Jika tidak ada, gunakan ayakan bambu atau lebih praktis menggunakan panci serbaguna yang ada sarangannya. Caranya, isilah panci dengan air es hingga setengah ketinggian sarangan. Pasang sarangan dan tuangkan adonan cendol diatas sarangan panci. Tekan-tekan adonan cendol agar lolos melalui lubang sarangan dan jatuh kedalam air es. Cendol nantinya akan menggumpal didalam air es, biarkan beberapa saat hingga semua cendol menggumpal.
  5. Angkat sarangan panci dan pindahkan cendol dari panci kedalam wadah. Cendol kini sudah siap, jadi sisihkan dulu sementara kita membuat peueut (sirup gula merah) dan saus santannya.
  6. Membuat saus gula (peueut): masukkan gula merah yang telah disisir halus kedalam panci bersama dengan air, gula pasir, daun pandan dan daging buah nangka. Masak hingga mendidih dan seluruh gula larut sempurna. Angkat kemudian dinginkan.
  7. Membuat saus santan: didihkan santan bersama dengan sedikit garam sambil terus diaduk agar santan tidak pecah. Angkat kemudian dinginkan.
  8. Sekarang semua bahan cendol sudah siap. Siapkan gelas saji, tuangkan saus gula, cendol dan serutan es batu. Siram dengan saus santan diatasnya.
  9. Es cendol segar kini siap disajikan.

No comments:

Post a Comment