resep masakan indonesia, aneka cara membuat makanan kue cake kering mudah

Post Top Ad

Post Top Ad

Thursday, August 20, 2015

Resep Es Krim Coklat

Resep Es Krim Coklat Sederhana, Cara Membuat Es Krim Coklat Sederhana
es krim coklat stik

Bahan

  • 500 ml whipped dairy cream
  • 400 ml susu cair full cream
  • 200 gr dark cooking chocolate, potong dadu
  • 50 gr dark cooking chocolate, lelehkan
  • 150 gr dula pasir
  • 50 gr coklat bubuk
  • 4 kuning telur
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • kacang cincang sebagai topping

Cara Membuat

  1. Masukkan susu cair bersama dengan vanili bubuk kedalam panci, masak dengan api kecil. Tambahkan coklat bubuk sedikit demi sedikit sambil terus diaduk agar coklat larut. Biarkan hingga mendidih kemudian angkat.
  2. Sementara itu, kocok kuning telur bersama dengan gula pasir hingga mengembang. Tuang sedikit demi sedikit susu yang sudah dimasak kedalam kocokan telur sambil terus diaduk. Pastikan semua bahan menyatu kemudian masak kembali didalam panci dengan api sedang hingga adonan susu telur mengental. Angkat dan sisihkan.
  3. Di panci yang lain, masak whipped dairy cream hingga mendidih, lalu masukkan dark cooking chocolate sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Masak sampai coklat larut bersama dengan krim. Angkat.
  4. Tuangkan adonan susu telur kedalam campuran krim coklat sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Kalau perlu, gunakan mikser agar kedua adonan tercampur dengan sempurna.
  5. Ambil cetakan agar-agar/es krim stik, tuang adonan es krim kedalam cetakan.
  6. Ambil stik es krim dan letakkan di tengah-tengah lubang setiap cetakan dan posisikan sedemikian rupa agar letaknya tidak bergesar. Kita bisa menggunakan kertas karton yang di lubangi sesuai dengan letak lubang cetakan. Posisikan sedemikian rupa hingga stik es krim dapat diselipkan pada lubang karton dan letaknya berada pada bagian tengah masing-masing cetakan. Tujuannya agar stik es krim diam di tempat semestinya. Jika tidak mau repot, gunakan cetakan yang dijual satu set bersama stik plastik.
  7. Sesudah itu masukkan cetakan es krim kedalam freezer hingga adonan padat.
  8. Setelah padat dan beku, keluarkan es krim dari cetakan dan celupkan kedalam dark cooking chocolate yang telah dicarikan terlebih dahulu serta taburi dengan kacang cincang.
  9. Masukkan kembali kedalam freezer agar lapisan coklatnya mengeras.

No comments:

Post a Comment